Lestari, Fitria Dewi (2025) Eksistensi Radio Cosmo di era digital: Studi deskriptif kualitatif pada strategi Radio Cosmo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam menghadapi tantangan era digital ini Radio Cosmo memperkuat kehadirannya di ranah digital melalui situs web, aplikasi, dan media sosial guna menjangkau audiens yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Radio Cosmo mengadaptasi teknologi digital dalam penyiaran dan distribusi konten, mengeksplorasi inovasi konten yang dilakukan agar tetap relevan, serta mengidentifikasi tantangan dalam proses adaptasi dan inovasi tersebut. Penelitian ini menggunakan Teori Difusi Inovasi dari Everret M Rogers yang mengkaji bagaimana suatu inovasi, baik berupa ide, pemikiran, teknologi, atau produk baru disebarkan melalui saluran komunikasi dalam suatu sistem sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan objek atau subjek yang diteliti secara mendalam karena metode ini umumnya mengatasi dan menjawab masalah yang dihadapi dengan cara pengumpulan data, mengklasifikasikan, menganalisis, menyimpulkan dan melaporkan hasilnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa Radio Cosmo berhasil mempertahankan eksistensinya melalui (a) adaptasi teknologi digital melalui pengembangan siaran audio-visual di website resmi, pemanfaatan media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta penerapan layanan streaming guna memfasilitasi akses siaran secara fleksibel, termasuk bagi pendengar di luar negeri. Radio ini juga melakukan analisis data audiens untuk memastikan pengembangan konten yang tepat sasaran; (b) inovasi konten berupa penyesuaian strategi dengan menargetkan generasi muda, khususnya Gen Z, melalui perekrutan penyiar dari kalangan anak muda agar konten terasa lebih dekat secara emosional dan relevan dengan gaya komunikasi audiens. Ruang kreativitas diberikan kepada penyiar untuk menampilkan sudut pandang mereka, serta kolaborasi dengan figur publik dan musisi lokal dilakukan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan engagement, sambil tetap menjaga kualitas siaran dan nilai-nilai lokal; (c) meskipun menghadapi tantangan seperti perubahan selera audiens yang dinamis dan hambatan teknis jaringan di beberapa wilayah, Radio Cosmo mampu mengatasinya melalui riset berkala, evaluasi konten, serta inovasi berkelanjutan yang menjadikan mereka tetap kompetitif di tengah persaingan media digital.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Eksistensi Radio; Radio Cosmo; Era Digital |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Communications Telemunications > Radio Broadcasting General Management > Planning and Strategic Management Public Performances > Radio Show |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Fitria DL Fifit Neng Fifit |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:56 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |