Andi Saputra, Wahyu (2025) Implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak (50).pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Pernyataan Penulis (1).pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (731kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
![]() |
Text
Lampiran Penelitian (8).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Talaqqi sebagai metode yang terus digunakan sejak zaman nabi Muhammad untuk mempertahankan dan menyebarkan cara membaca Al-Quran. Hal ini menjadi keunikan karena kualitas bacaan dan metode yang digunakan dalam mempelajari Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah dan Madrasah Aliyah Al-Falah telah terbukti efektif dalam menghasilkan siswa yang mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional dan pengembangannya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode talaqqi dalam membantu siswa menguasai bacaan Al-Quran melalui tahapan dalam Skill Acquisition Theory, Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses perolehan keterampilan dalam membaca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg, dan Mengukur tingkat penguasaan bacaan Al-Quran siswa setelah mengikuti proses talaqqi. Penelitian ini didasarkan pada Teori Keterampilan atau Skill Acquisition Theory yang pertama kali dikemukakan oleh Paul Fitts dan Michael Posner pada tahun 1967. Teori ini menggambarkan proses pembelajaran keterampilan yang terdiri dari tiga tahap utama: tahap kognitif, tahap asosiatif, dan tahap otomatisasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif, yang dianggap relevan untuk mencapai tujuan penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan metode participation research. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari beberapa metode yang saling melengkapi, yaitu observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode talaqqi membantu peningkatan dalam tajwid, makharijul huruf, kefasihan, dan pemahaman maqom lagu bacaan seperti bayyati, hijaz, dan lainnya. Progres siswa terlihat dari peningkatan jenjang bacaan: tahajji ke muallam ke murottal ke mujawwad. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode talaqqi di MA Al-Falah diterapkan sesuai dengan tahapan Skill Acquisition Theory. Penerapan metode talaqqi pada siswa kelas XII di MA Al-Falah belum maksimal, karena masih ada siswa yang bertahan di marhalah tahajji meskipun terdapat peningkatan dalam penguasaan maqro dan kenaikan tingkat marhalah. Faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca Al-Quran terdiri dari faktor internal, seperti motivasi dan kemampuan dasar siswa, serta faktor eksternal, seperti kualitas guru, lingkungan belajar, dan dukungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Talaqqi; Bacaan Al-Quran; Madrasah Aliyah Al-Falah |
Subjects: | Islam Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wahyu Andi Saputra |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |