Implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung

Andi Saputra, Wahyu (2025) Implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak (50).pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan Penulis (1).pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
Lampiran Penelitian (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Talaqqi sebagai metode yang terus digunakan sejak zaman nabi Muhammad untuk mempertahankan dan menyebarkan cara membaca Al-Quran. Hal ini menjadi keunikan karena kualitas bacaan dan metode yang digunakan dalam mempelajari Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah dan Madrasah Aliyah Al-Falah telah terbukti efektif dalam menghasilkan siswa yang mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional dan pengembangannya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode talaqqi dalam membantu siswa menguasai bacaan Al-Quran melalui tahapan dalam Skill Acquisition Theory, Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses perolehan keterampilan dalam membaca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg, dan Mengukur tingkat penguasaan bacaan Al-Quran siswa setelah mengikuti proses talaqqi. Penelitian ini didasarkan pada Teori Keterampilan atau Skill Acquisition Theory yang pertama kali dikemukakan oleh Paul Fitts dan Michael Posner pada tahun 1967. Teori ini menggambarkan proses pembelajaran keterampilan yang terdiri dari tiga tahap utama: tahap kognitif, tahap asosiatif, dan tahap otomatisasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif, yang dianggap relevan untuk mencapai tujuan penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan metode participation research. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari beberapa metode yang saling melengkapi, yaitu observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode talaqqi membantu peningkatan dalam tajwid, makharijul huruf, kefasihan, dan pemahaman maqom lagu bacaan seperti bayyati, hijaz, dan lainnya. Progres siswa terlihat dari peningkatan jenjang bacaan: tahajji ke muallam ke murottal ke mujawwad. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode talaqqi di MA Al-Falah diterapkan sesuai dengan tahapan Skill Acquisition Theory. Penerapan metode talaqqi pada siswa kelas XII di MA Al-Falah belum maksimal, karena masih ada siswa yang bertahan di marhalah tahajji meskipun terdapat peningkatan dalam penguasaan maqro dan kenaikan tingkat marhalah. Faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca Al-Quran terdiri dari faktor internal, seperti motivasi dan kemampuan dasar siswa, serta faktor eksternal, seperti kualitas guru, lingkungan belajar, dan dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode Talaqqi; Bacaan Al-Quran; Madrasah Aliyah Al-Falah
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyu Andi Saputra
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:28
Last Modified: 24 Jul 2025 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113213

Actions (login required)

View Item View Item