Arba, Raysieta Siti (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin untuk meningkatkan kemampuan beprikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER revisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK DIGILIB.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
SK BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI DIGILIB.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (279kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DIGILIB.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DIGILIB.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini didasarkan oleh hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan melalui kegiatan observasi, tes dan wawancara. Hasil studi pendahuluan juga menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran masih terdapat siswa yang kurang aktif. Selain itu, terdapat minimnya keaktifan dan partisipasi siswa dalam kegiatan diskusi. Hal tersebut terjadi karena siswa kurang terlatih dalam menganalisis informasi dan belum mampu dalam menyimpulkan materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di MI Pink 03 sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe round robin, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) kelas IV MI Pink 03 di setiap siklus, (3) kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MI Pink 03 setelah diterapkan model pembelejaran kooperatif tipe round robin di setiap siklus.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan mix method (kualitatif dan kuantitatif). Metode ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Pink 03 berjumlah 32 orang siswa. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe round robin, persentase ketuntasan klasikal siswa hanya 23,33% dengan kategori “Kurang Sekali”. Pembelajaran dengan menerapkan model ini berjalan dengan lancar dan menunjukkan peningkatan di setiap siklus. Aktivitas guru meningkat dari 87,5% pada siklus I, menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan, aktivitas siswa meningkat dari 56,03% pada siklus I, menjadi 83,67% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata meningkat dari 52,2 sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin menjadi 73,40 pada siklus I dan 78,51 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 23,33% menjadi 53,12% pada siklus I dan 83,87% pada siklus II. Dengan capaian tersebut, pembelajaran dihentikan pada siklus II tindakan II karena indikator keberhasilan klasikal 70% telah tercapai, yang mencerminkan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe round robin dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Round Robin; Berpikir Kritis; Pembelajaran IPS |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | raysieta siti arba |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |