Shaliha, Khadijah Rahma (2025) Penggunaan metode demonstrasi berbantu media smart box dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa : Penelitian quasi-eksperimen di kelas VII Smp Muhammadiyah 8 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (384kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, yang disebabkan oleh kurangnya variasi metode dan media pembelajaran serta dominasi metode konvensional. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan metode demonstrasi berbantu media Smart Box guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses penggunaan metode demonstrasi berbantu media Smart Box di kelas eksperimen, 2) Perbandingan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kontrol, dan 3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya metode tersebut. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa hasil belajar kognitif mencerminkan kemampuan siswa dalam memahami, mengolah, dan menerapkan informasi dari proses pembelajaran. Faktor metode dan media pembelajaran yang digunakan guru sangat mempengaruhi efektivitas proses belajar siswa. Media Smart Box sebagai alat bantu visual dan interaktif diyakini dapat mendorong pemahaman konsep secara lebih konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi experimen dengan desain non-equivalent control-group design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitias, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode demonstrasi berbantu media Smart Box dilaksanakan dengan baik dan mampu menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen berada pada kategori tinggi (N-Gain = 0,68), sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sedang (N-Gain = 0,43). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, sehingga Ha diterima. Artinya, metode demonstrasi berbantu media Smart Box efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Demonstrasi;Smart Box;Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khadijah Rahma Shaliha |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |