Sari, Cindy Mutiara (2025) Penerapan strategi multiple representation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (640kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Soreang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII J sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes (pretest dan posttest) serta non-tes berupa lembar observasi dan angket tanggapan siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi multiple representation. Studi pendahuluan dilakukan untuk menguatkan latar belakang masalah melalui pemberian soal sesuai indikator kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) penerapan strategi multiple representation dalam pembelajaran matematika; (ii) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan strategi multiple representation dengan pembelajaran konvensional; (iii) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antar kedua kelas; dan (iv) tanggapan siswa terhadap strategi multiple representation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan strategi multiple representation tergolong sangat baik berdasarkan observasi guru dan siswa; (ii) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol pada kategori rendah; (iii) pencapaian posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; dan (iv) tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut termasuk dalam kategori positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis; Strategi Multiple Representation |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cindy Mutiara Sari |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |