Penerapan strategi multiple representation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Sari, Cindy Mutiara (2025) Penerapan strategi multiple representation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Soreang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII J sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes (pretest dan posttest) serta non-tes berupa lembar observasi dan angket tanggapan siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi multiple representation. Studi pendahuluan dilakukan untuk menguatkan latar belakang masalah melalui pemberian soal sesuai indikator kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) penerapan strategi multiple representation dalam pembelajaran matematika; (ii) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan strategi multiple representation dengan pembelajaran konvensional; (iii) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antar kedua kelas; dan (iv) tanggapan siswa terhadap strategi multiple representation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan strategi multiple representation tergolong sangat baik berdasarkan observasi guru dan siswa; (ii) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol pada kategori rendah; (iii) pencapaian posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; dan (iv) tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut termasuk dalam kategori positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Strategi Multiple Representation
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Cindy Mutiara Sari
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:59
Last Modified: 29 Jul 2025 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113594

Actions (login required)

View Item View Item