Rohman, Mohamad Lutfi Fathu (2025) Pengelolaan media sosial Instagram @bdg.pangan: Studi deskriptif tentang Oline Public Relations pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIASI)
3_SK Bebas Plagiasi .pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar isi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I .pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
Abstract
Platfrom media sosial sebagai media digunakan untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi dari komonikan kepada komunikator begitupun sebaliknya. Berbagai fitur yang ada di media sosial membuat penyampaian informasi menjadi lebih efektif dan efisien. Dinas ketahanan pangan dan pertanian Kota Bandung memanfaatkan media Insagram selain untuk program kerja juga digunkan sebagai media branding. Dimana kegiatan branding melalui media sosial juga berpengaruh besar terhadap kepercayaan masyarakat dalam menerima pesan program yang disampaikan oleh lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan Online Public Relations pada Instagram yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian. Penelitian ini mengacu pada Konsep yang digagas oleh David Armano yaitu mengenai Konsep 4C yang terdiri dari beberapa aspek, diantaranya: Conten, Context, Connectivity, Continuity. Konsep ini membantu menumbuhkan serta menjaga kepercayaan melalui saluran online. Penelitian ini menggunakan paradigma Kontruktivistik dan pendekatan Kualitatif yang mengacu pada metode Deskriptif Kualitatif. Peneliti menggunakan teknik observasi partisipasi pasif dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini bahwa Dinas ketahanan pangan dan pertanian melakukan beberapa hal untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam menerima informasi. Conten dilakukan dengan mentukan ide konten kemudian merencanakan konten tersebut. Context dengan memperhatikan pemilihan instragram, setelah itu melakukan penyesuaian memastikan informasi dapat tersebar secara efektif. Connectivity dengan membuka sesi Q&A dan penggunaan kata-kata yang menarik untuk menarik perhatian. Continuity dengan mempertahakan konsistensi konten serta kualitasnya, kemudan mengevaluasi program untuk ditingkatkan lagi. Simpulan yang dapat dihasilkan bahwa Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung menjalankan Online Public Relations dengan menyelaraskan ide konten dengan tren, merencanakan keberlanjutan informasi, serta mendistribusikannya melalui Instagram. Mereka menyesuaikan unggahan agar tetap relevan, mengadakan sesi Q&A untuk meningkatkan interaksi, menggunakan kata-kata menarik, dan menjaga konsistensi serta kualitas postingan. Evaluasi rutin dilakukan untuk menilai efektivitas program. Kata Kunci: Online Public Relations, Konsep 4C David Armano, Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian, media sosial Instagram
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Public Relations di Kedinasan |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | mohamad Lutfi Fathu Rohman |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:01 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |