Rahmayani, Megha Nur (2025) Peran fitur “For You Page” di media sosial TikTok dalam penerimaan konten dakwah pada remaja: Studi fenomenologis pada anggota Remaja Masjid SMA Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIASI)
3_Lulus Plagiasi.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (598kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (991kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masifnya penggunaan media sosial di kalangan remaja, termasuk konten dakwah. Salah satu platform yang populer di kalangan remaja saat ini adalah TikTok yang terkenal dengan fitur For You Page-nya. Fenomena yang terjadi adalah remaja yang sedang dalam tahap pencarian jati diri, cenderung mengikuti segala hal yang ditampilkan di media sosial, khususnya For You Page TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran fitur For You Page (FYP) di media sosial TikTok terhadap penerimaan konten dakwah oleh anggota Forum Remaja Masjid SMA Kabupaten Kuningan atau Formass Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek utama, yaitu motif anggota dalam mengakses konten dakwah, terpaan media yang diterima, serta kepuasan terhadap konten dakwah yang ditampilkan melalui For You Page TikTok. Penelitian ini mengggunakan teori Uses and Gratifications yang membahas pengguna sebagai pengguna yang aktif mencari media untuk memenuhi kebutuhannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif anggota Formass Kuningan dalam mengakses konten dakwah mencakup motif religius dan pengembangan diri, motif informasi, serta motif hiburan dan motivasi diri. Dari sisi terpaan media, ditemukan bahwa konten dakwah memiliki frekuensi kemunculan yang sering, durasi paparan yang cukup intens, serta tingkat atensi yang kuat dari anggota Formass Kuningan. Sementara itu, kepuasan yang dirasakan masih bersifat relatif karena konten dakwah memberikan pemahaman baru dan sesuai dengan ekspektasi mereka, meskipun masih terdapat catatan terkait validitas informasi serta ketidaktuntasan dalam penyampaian beberapa konten.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TikTok; For You Page; Konten Dakwah; Remaja |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Megha Nur Rahmayani |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:11 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |