Aisyah, Dede Nurul (2025) Penerapan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan kerja sama siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi experiment di kelas VIII siswa MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (687kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan kerja sama siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang cenderung menggunakan pendekatan konvensional dan berpusat pada guru. Metode tersebut mengurangi peluang partisipasi aktif siswa dan membatasi interaksi antarsiswa dalam proses pembelajaran. Sementara itu, keterampilan kerja sama merupakan salah satu kompetensi penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan dalam konteks pendidikan, khususnya dalam penguatan nilai-nilai sosial dan spiritual yang selaras dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Akidah Akhlak; (2) Mengetahui tingkat keterampilan kerja sama siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model TTW; dan (3) Menganalisis pengaruh model TTW terhadap peningkatan keterampilan kerja sama siswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini mengacu pada teori konstruktivisme yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa melalui proses berpikir (think), berdiskusi (talk), dan menulis (write). Model TTW diyakini mampu membentuk pola interaksi yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam membangun pemahaman secara kolektif. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model TTW terhadap peningkatan keterampilan kerja sama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan angket keterampilan kerja sama siswa yang mencakup lima indikator, yaitu komunikasi, kontribusi, menerima, mendorong, dan menyelesaikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kerja sama siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor keterampilan kerja sama yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Think Talk Write efektif dalam meningkatkan keterampilan kerja sama siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Talk Write; Kerja Sama; Akidah Akhlak |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dede Nurul Aisyah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:44 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |