Penerapan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan kerja sama siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi experiment di kelas VIII siswa MTs Ar-Rosyidiyah Bandung

Aisyah, Dede Nurul (2025) Penerapan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan kerja sama siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi experiment di kelas VIII siswa MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan kerja sama siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang cenderung menggunakan pendekatan konvensional dan berpusat pada guru. Metode tersebut mengurangi peluang partisipasi aktif siswa dan membatasi interaksi antarsiswa dalam proses pembelajaran. Sementara itu, keterampilan kerja sama merupakan salah satu kompetensi penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan dalam konteks pendidikan, khususnya dalam penguatan nilai-nilai sosial dan spiritual yang selaras dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran Akidah Akhlak; (2) Mengetahui tingkat keterampilan kerja sama siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model TTW; dan (3) Menganalisis pengaruh model TTW terhadap peningkatan keterampilan kerja sama siswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini mengacu pada teori konstruktivisme yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa melalui proses berpikir (think), berdiskusi (talk), dan menulis (write). Model TTW diyakini mampu membentuk pola interaksi yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam membangun pemahaman secara kolektif. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model TTW terhadap peningkatan keterampilan kerja sama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan angket keterampilan kerja sama siswa yang mencakup lima indikator, yaitu komunikasi, kontribusi, menerima, mendorong, dan menyelesaikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kerja sama siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe Think Talk Write dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor keterampilan kerja sama yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Think Talk Write efektif dalam meningkatkan keterampilan kerja sama siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write; Kerja Sama; Akidah Akhlak
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Nurul Aisyah
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:44
Last Modified: 04 Aug 2025 02:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113952

Actions (login required)

View Item View Item