Hotimah, Desi Rosmawati (2025) Strategi konseling individu dalam menangani perilaku membolos siswa: Penelietian di sekolah menengah atas Muhammadiyah kelas 11 IPA 1 Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
turnitin pdf.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena tingginya frekuensi perilaku membolos di kalangan siswa yang menjadi perhatian serius bagi tenaga pendidik. Perilaku membolos merupakan tindakan siswa yang meninggalkan sekolah tanpa alasan yang jelas, dilakukan selama jam pelajaran dan tanpa adanya izin dari pihak sekolah. Membolos muncul sebagai permasalahan yang ada di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Pangandaran, hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh siswa sehingga menganggu proses pembelajaran, oleh karena itu membutuhkan perhatian ekstra dari pendidik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi perilaku membolos siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Pangandaran. Melalui strategi konseling individu, penelitian ini menggali informasi terkait jenis perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa, implementasi strategi konseling individu dalam menangani perilaku membolos dan hasil konseling individu dengan pendekatan Humanistik untuk menangani perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini menjelaskan secara mendalam mengenai perilaku membolos siswa sesuai dengan konteks yang nyata agar dapat menggali perspektif terkait apa yang menjadi pandangan, perasaan dan pengalaman siswa yang melakukan perilaku membolos. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini didasari oleh teori humanistik pendekatan Abraham Maslow yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan dasar dan pengembangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses strategi Konseling Individu dengan pendekatan Humanistik dalam menangani perilaku membolos siwa berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan positif pada siswa yang melakukan perilaku membolos yaitu (1)Meningkatnya kesadaran siswa akan dampak perilaku membolos, (2)Meningkatnya motivasi belajar siswa, (3)Komunikasi yang baik, (4)Kehadiran siswa di sekolah yang semakin membaik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa; Membolos; Konseling Individu; Humanistik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Desi Rosmawati Hotimah |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:08 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |