Anita, Cindy Sri (2025) Bimbingan dengan teknik modeling dalam menyiapkan anak tunagrahita untuk keterampilan sosial pasca pendidikan sekolah luar biasa: Studi kasus di SLB-BC Bina Kasih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
3_Lembar Plagiarisme.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftar Isi.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab 1.pdf Download (269kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial anak tunagrahita, terutama dalam aspek komunikasi dan interaksi sosial. Kurangnya respons sosial, minimnya inisiatif, serta kesulitan memahami norma sosial menghambat kesiapan mereka menghadapi kehidupan pasca sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan intervensi edukatif yang efektif agar anak tunagrahita dapat meningkatkan keterampilan sosial dan menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan dengan teknik modeling dalam menyiapkan anak tunagrahita menghadapi kehidupan sosial setelah pendidikan di SLB, serta mengkaji hasil penerapannya terhadap peningkatan keterampilan sosial anak, khususnya dalam komunikasi, interaksi, dan adaptasi sosial. Penelitian ini mengacu pada teori modeling dari Albert Bandura yang menekankan pembelajaran melalui pengamatan dan peniruan perilaku model. Selain itu, teori keterampilan sosial dari Gresham dan Elliot digunakan untuk memahami pentingnya kemampuan sosial dalam mendukung adaptasi anak tunagrahita di lingkungan sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada anak tunagrahita di SLB-BC Bina Kasih Bandung. Penelitian difokuskan pada proses penerapan layanan bimbingan dengan teknik modeling oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial anak setelah mendapatkan layanan bimbingan dengan teknik modeling. Anak lebih aktif berkomunikasi, berinteraksi, serta mampu merespons situasi sosial dengan baik. Teknik modeling terbukti efektif membantu kesiapan anak tunagrahita dalam menghadapi kehidupan pasca pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan; Teknik Modeling; Anak Tunagrahita; Keterampilan Sosial; SLB |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Child Psychology Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Cindy Sri Anita |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:05 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |