Azahra, Rika (2025) Penerapan model pembelajaran Reading, Mind Mapping, Sharing (RMS) berbantuan desmos untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self concept siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (525kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, sebagaimana teridentifikasi melalui studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Bandung. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Reading, Mind Mapping, Sharing (RMS) berbantuan Desmos. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan bagaimana self concept siswa melalui model pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design serta instrumen tes tulis yang memiliki validitas tinggi dan reliabilitas sedang. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII A–VIII E di salah satu sekolah di Kabupaten Purwakarta. Sampel penelitian terdiri atas kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru sangat baik, dan oleh siswa tergolong baik. Siswa yang mengikuti pembelajaran RMS berbantuan Desmos menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan, dengan pencapaian lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu, self concept siswa pada kelas eksperimen berada dalam kategori sedang dan menunjukkan respons positif. Berdasarkan temuan ini, model RMS berbantuan Desmos dapat menjadi salah satu pilihan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan mendukung pengembangan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Reading; Mind Mapping; Sharing (RMS) Berbantuan Desmos; Self Concept |
Subjects: | Mathematics > General Publications of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rika RA azahra |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:41 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |