Penerapan metode Demontrasi dalam meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Tata Cara Shalat berjamaah siswa : Penelitian tindakan di kelas II MI Rancakopo Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur

Perawati, Reni (2014) Penerapan metode Demontrasi dalam meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Tata Cara Shalat berjamaah siswa : Penelitian tindakan di kelas II MI Rancakopo Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan temuan pada pembelajaran fiqih pada materi tata cara shalat berjamaah di MI Rancakopo Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur berjalan kurang menarik dan membosankan. Hal ini terlihat dengan temuan permasalahan yang terjadi di kelas II MI Rancakopo Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur yang berjumlah 30 siswa pada proses pembelajaran fiqih yaitu aktivitas belajar siswanya kurang begitu kondusif, ditandai oleh sebagian murid yang banyak bermalas-malasan, banyak yang mengobrol dan bermain-main ketika pelajaran berlangsung. Kualitas pembelajaran masih banyak dilakukan secara informatif hanya gurulah yang mendominasi pembelajaran di kelas, siswa hanya bersifat pasif dan hanya menerima apa yang akan disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pola pembelajaran yang mampu melibatkan anak secara aktif yaitu dengan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tata cara shalat berjamaah sebelum dan sesudah menggunakan metode demontrasi pada siswa kelas II MI Rancakopo Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur. Metode demonstrasi upaya mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata atau praktek agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Demonstrasi berarti pertunjukan atau peragaan. Jadi metode demonstrasi shalat berjamaah sebagi upaya guru dalam memberikan pelajaran tentang shalat berjamaah terhadap siswa dengan tujuan agar siswa mudah mempraktikannya. Pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar efektif pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di kelas II MI Rancakopo Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pre tes, tes praktik, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang meliputi hasil pre tes nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan metode demonstrasi adalah 54, sedangkan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas II MI Rancakopo pada mata pelajaran fiqih tentang materi shalat berjamaah maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut yaitu siklus I yang mendapat nilai kategori baik ada 3 orang (10 %), nilai cukup 19 orang (63,33 %) dan yang mendapat nilai kurang ada 8 siswa (26,7 %), dengan nilai rata-rata 65,65 dengan katagori kurang dan pada kegiatan siklus II atau siklus akhir mendapat nilai kategori baik ada 29 orang (96,6 %), nilai cukup 1 orang (3,3 %) dan yang mendapat nilai kurang ada 0 siswa (0 %), dengan nilai rata-rata 85,5 baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode Demontrasi; Hasil Belajar; Fiqih; Shalat berjamaah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: seuseu seuseu
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:01
Last Modified: 11 Aug 2025 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114393

Actions (login required)

View Item View Item