Miftah, Syifa Luqyana (2025) Pengaruh implementasi pandawa (pelayanan administrasi melalui Whatsapp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN BEBAS PLAGIASI)
HALAMAN PERNYATAAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (481kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya inovasi digitalisasi layanan oleh BPJS Kesehatan melalui Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) yang memungkinkan peserta untuk mengakses layanan administrasi secara online melalui WhatsApp tanpa perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Namun, dalam pelaksanaanya, sebagian peserta menilai bahwa Pandawa masih belum optimal dalam memberikan layanan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dikontribusikan oleh variabel implementasi beserta dimensi-dimensinya terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Penelitian ini membahas topik mengenai implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan. Berdasarkan permasalahan pada penelitian ini dikemukakan jawaban sementara, yaitu H0: tidak adanya pengaruh yang signifikan antara implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi dan H1: Adanya pengaruh yang signifikan antara implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel X (implementasi) dan variabel Y (kepuasan). Peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan dari Edward III untuk mengkaji variabel X, serta teori kepuasan dari Doll dan Torkzadeh untuk variabel Y. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi dengan besar pengaruh sebesar 77%. Hal ini didukung oleh hasil nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,001 < 0,05 dengan thitung 18,092 > ttabel 1,984. Adapun sumbangan efektif dari masing-masing dimensi yaitu, dimensi komunikasi sebesar 18,9%, dimensi sumber daya sebesar 32,8%, dimensi sikap pelaksana sebesar 17,2%, dan dimensi struktur birokrasi sebesar 8,1%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp); Kepuasan; BPJS Kesehatan |
Subjects: | Public Administration > Public Administration in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Syifs Luqyana Miftah |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |