Pengaruh implementasi pandawa (pelayanan administrasi melalui Whatsapp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi

Miftah, Syifa Luqyana (2025) Pengaruh implementasi pandawa (pelayanan administrasi melalui Whatsapp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN PERNYATAAN BEBAS PLAGIASI)
HALAMAN PERNYATAAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya inovasi digitalisasi layanan oleh BPJS Kesehatan melalui Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) yang memungkinkan peserta untuk mengakses layanan administrasi secara online melalui WhatsApp tanpa perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Namun, dalam pelaksanaanya, sebagian peserta menilai bahwa Pandawa masih belum optimal dalam memberikan layanan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dikontribusikan oleh variabel implementasi beserta dimensi-dimensinya terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Penelitian ini membahas topik mengenai implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan. Berdasarkan permasalahan pada penelitian ini dikemukakan jawaban sementara, yaitu H0: tidak adanya pengaruh yang signifikan antara implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi dan H1: Adanya pengaruh yang signifikan antara implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel X (implementasi) dan variabel Y (kepuasan). Peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan dari Edward III untuk mengkaji variabel X, serta teori kepuasan dari Doll dan Torkzadeh untuk variabel Y. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bekasi dengan besar pengaruh sebesar 77%. Hal ini didukung oleh hasil nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,001 < 0,05 dengan thitung 18,092 > ttabel 1,984. Adapun sumbangan efektif dari masing-masing dimensi yaitu, dimensi komunikasi sebesar 18,9%, dimensi sumber daya sebesar 32,8%, dimensi sikap pelaksana sebesar 17,2%, dan dimensi struktur birokrasi sebesar 8,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp); Kepuasan; BPJS Kesehatan
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Syifs Luqyana Miftah
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:38
Last Modified: 11 Aug 2025 01:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114493

Actions (login required)

View Item View Item