Implementasi model social Cognitive Theory untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen kelas VIII di SMPN 1 Cilawu Garut

Karyana, Karyana (2023) Implementasi model social Cognitive Theory untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen kelas VIII di SMPN 1 Cilawu Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.PDF
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan berpikir kritis dan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di SMPN 1 Cilawu Garut masih menggunakan paradigma yang lama, dimana guru memberikan pengetahuan secara pasif sehingga siswa yang menerima penjelasan dari guru tersebut potensinya tidak dapat dikeluarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi model model social cognitive theory pada mata pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilawu. 2) Menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model social cognitive theory dengan model discovery learning pada mata pelajaran PAI. 3) Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model social cognitive theory dengan model discovery learning pada mata pelajaran PAI. 4) Menganalisis efektivitas model social cognitive theory dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Model Social Cognitive Theory yang dikembangkan Albert Bandura menggunakan empat langkah yaitu proses attensional, proses retensional, proses pembentukan prilaku dan proses motivasional. Model tersebut dipandang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Jenis penelitiannya adalah non-equivalent control group design. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 42 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Social Cognitive Theory pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Cilawu Garut yaitu melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksaan dan pelaporan. 2) Kreativitas belajar siswa yang menggunakan model Social Cognitive Theory lebih tinggi atau lebih baik dibanding dengan kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model discovery learning hal ini dibuktikan dengan perolehan skor rata pada penerapan model Social Cognitive Theory yang memperoleh nilai 88,60% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan penerapan model discovery learning memperoleh skor rata-rata sebesar 64,80% dengan kategori sedang. 3) Terdapat Perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model social cognitive theory dengan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. 4) model Social Cognitive Theory efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis siswa hasilnya meningkat pada kelas eksperimen yang menunjukkan nilai N-Gain sebesar 1,31 angka tersebut berada pada kategori Tinggi. Adapun hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukkan nilai N-Gain sebesar1,71 angka tersebut berada pada kategori Tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Social Cognitive Theory; Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: karyana karyana
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:12
Last Modified: 11 Aug 2025 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114527

Actions (login required)

View Item View Item