Hanifah, Nur (2025) Korelasi pemahaman qira'at sab'ah dengan motivasi belajar dan keterampilan keragaman bacaan Al-Qur'an: Penelitian pada Mahasiswi Prodi PAI IIQ Jakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER Tesis Nur Hanifah.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Tesis Nur Hanifah.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan bebas plagiarism tesis hanifah.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI Tesis Nur Hanifah.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1 Tesis Nur Hanifah.pdf Download (407kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2 Tesis Nur Hanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3 Tesis Nur Hanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB 4 Tesis Nur Hanifah fix.pdf Download (752kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5 Tesis Nur Hanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Tesis Nur Hanifah.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN TESIS HANIFAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pemahaman terhadap qirā’at sab'ah sebagai salah satu bentuk pendalaman ilmu Al-Qur'an untuk memperkaya wawasan keislaman. Sehingga pembelajaran qirā’at sab'ah menjadi sangat penting untuk diintegrasikan dalam pendidikan keagamaan, termasuk pada Prodi PAI di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. Meskipun telah menjadi mata kuliah wajib, motivasi belajar mahasiswi sering kali tidak konsisten. Akibatnya, meskipun secara teori mereka mampu menjelaskan perbedaan qira’at, saat memasuki praktik bacaan, masih banyak yang kurang terampil dalam melafalkan, membedakan, dan menerapkan ragam qira’at tersebut secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Korelasi antara pemahaman qirā’at sab’ah dengan motivasi belajar mahasiswi di IIQ Jakarta, 2) Korelasi antara pemahaman qirā’at sab’ah dengan keterampilan bacaan Al-Qur’an, 3) Korelasi antara pemahaman qira’at sab’ah dengan motivasi belajar dan keterampilan bacaan Al-Qur’an di Mahasiswi Prodi PAI IIQ Jakarta. Qirā’at sab’ah sebagai bagian dari ilmu qira’at memberikan variasi bacaan yang memperkaya pengalaman spiritual dan intelektual pembaca Al-Qur’an. Pemahaman terhadap perbedaan bacaan ini diyakini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis membaca Al-Qur’an secara beragam, tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu, semangat belajar, dan penghargaan yang lebih tinggi terhadap kompleksitas Al-Qur’an. Dengan demikian, pemahaman yang baik terhadap qirā’at sab’ah berpotensi berkorelasi positif terhadap motivasi belajar dan keterampilan keragaman bacaan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional yaitu analisis deskriptif berbasis angka dengan rancangan hubungan antar variabel. Penelitian ini dilaksanakan di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, yang menjadikan mata kuliah qirā’at sab’ah sebagai mata kuliah wajib yang diajarkan secara berjenjang dari semester II hingga semester VII. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang siginifikan antara pemahaman qirā’at sab’ah dengan motivasi belajar dengan nilai pearson correlation sebesar 0,991 yang menunjukkan bahwa derajat keeratan hubungan sangat kuat. 2) Terdapat hubungan yang siginifikan antara pemahaman qirā’at sab’ah dan keterampilan keragaman bacaan Al-Qur’an dengan nilai pearson correlation sebesar 0,640 yang menunjukkan bahwa derajat keeratan hubungan kuat. 3) Terdapat hubungan yang siginifikan antara pemahaman qira’at sab’ah dengan motivasi belajar dan keterampilan keragaman bacaan Al-Qur’an berdasarkan pada hasil uji MANOVA. Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin baik pemahaman terhadap qirā’at sab'ah, semakin tinggi motivasi dan keterampilan dalam membaca Al-Qur'an secara beragam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Skill Of Qur’anic Reading Variations; Learning Motivation; Understanding of Qirā’at Sab'ah. |
Subjects: | Islam > Recitation and Reading |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Hanifah |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:43 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |