Penerapan model Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy siswa

Permatasari, Annisa (2025) Penerapan model Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN PLAGIARISME.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Karawang. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran dengan model C-MID pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model C-MID dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model C-MID dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui self-efficacy siswa pada kelas yang menerapkan model C-MID. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII di MTs Al-Ahliyah dengan sampel kelas VIII-G (kelas eksperimen) dan VIII-F (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa berada pada kategori sangat baik, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model C-MID dengan yang menggunakan model konvensional, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model C-MID dengan yang menggunakan model konvensional, self-efficacy siswa yang menggunakan model C-MID menunjukkan sikap positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID); Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Permatasari
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:32
Last Modified: 12 Aug 2025 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114676

Actions (login required)

View Item View Item