Permatasari, Annisa (2025) Penerapan model Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN PLAGIARISME.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (501kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Karawang. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran dengan model C-MID pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model C-MID dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model C-MID dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui self-efficacy siswa pada kelas yang menerapkan model C-MID. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII di MTs Al-Ahliyah dengan sampel kelas VIII-G (kelas eksperimen) dan VIII-F (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa berada pada kategori sangat baik, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model C-MID dengan yang menggunakan model konvensional, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model C-MID dengan yang menggunakan model konvensional, self-efficacy siswa yang menggunakan model C-MID menunjukkan sikap positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID); Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Annisa Permatasari |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |