Penerapan metode Socrates melalui pendekatan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa: Penelitian di SMPN 1 Tukdana

Pratiwi, Annisa (2025) Penerapan metode Socrates melalui pendekatan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa: Penelitian di SMPN 1 Tukdana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode Socrates melalui pendekatan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, membandingkan peningkatannya dengan pembelajaran konvensional, serta mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen Non-equivalent Control Group Design dengan subjek siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tukdana tahun pelajaran 2024/2025. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kritis matematis (pretest dan posttest), lembar observasi, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Socrates melalui pendekatan berbasis masalah berada pada kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, terutama pada indikator evaluasi dan inferensi. Skor posttest siswa kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan pretest. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran sangat positif dengan rata-rata persentase mencapai 88%. Dengan demikian, penerapan metode Socrates efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan menciptakan pembelajaran yang aktif serta bermakna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Socrates; Pendekatan Berbasis Masalah; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; SPLDV
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment
Sophistic, Socrates, Related Greek Philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Pratiwi
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:02
Last Modified: 13 Aug 2025 03:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114785

Actions (login required)

View Item View Item