Pratiwi, Annisa (2025) Penerapan metode Socrates melalui pendekatan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa: Penelitian di SMPN 1 Tukdana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (289kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode Socrates melalui pendekatan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, membandingkan peningkatannya dengan pembelajaran konvensional, serta mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen Non-equivalent Control Group Design dengan subjek siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tukdana tahun pelajaran 2024/2025. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kritis matematis (pretest dan posttest), lembar observasi, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Socrates melalui pendekatan berbasis masalah berada pada kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, terutama pada indikator evaluasi dan inferensi. Skor posttest siswa kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan pretest. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran sangat positif dengan rata-rata persentase mencapai 88%. Dengan demikian, penerapan metode Socrates efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan menciptakan pembelajaran yang aktif serta bermakna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Socrates; Pendekatan Berbasis Masalah; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; SPLDV |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment Sophistic, Socrates, Related Greek Philosophy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Annisa Pratiwi |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:02 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |