Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Keanekaragaman Hayati

Cahyani, Citra Nur (2025) Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Keanekaragaman Hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan abad 21 dan sangat penting pada era informasi. Namun pada kenyataannya, keterampilan berpikir kritis masih tergolong rendah pada mata pelajaran biologi, khususnya pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group. Populasi penelitian sebanyak 35 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Hasil analisis data menunjukkan hasil keterlaksanaan guru dan siswa pada kedua kelas dengan dan tanpa menggunakan model CTL menghasilkan kriteria sangat baik. Hasil analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas dengan menggunakan model CTL menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang dan pada kelas tanpa menggunakan model CTL menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh dari uji-T dengan thitung (2,840) > ttabel (2,035). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan perolehan nilai effect size 0,983 dengan kategori besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Model CTL; Keanekaragaman Hayati
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: CITRA NUR CAHYANI
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:05
Last Modified: 13 Aug 2025 08:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114904

Actions (login required)

View Item View Item