Mabruron, Ihdan (2025) Pengaruh literasi keuangan syariah terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah pada mahasiswa Universitas Islam di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Surat Keterangan Lolos Ihdan (1).pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (656kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV (1).pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab V (1).pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
Abstract
Rendahnya inklusi keuangan syariah di Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa, menjadi tantangan tersendiri dalam perkembangan industri perbankan syariah. Padahal, mahasiswa merupakan kelompok intelektual yang memiliki potensi besar untuk menjadi nasabah aktif bank syariah. Namun, realitas menunjukkan bahwa tingkat penggunaan produk bank syariah di kalangan ini masih tergolong rendah. Kondisi ini menunjukkan adanya kesenjangan antara potensi dan realisasi pemanfaatan produk keuangan syariah, sehingga mendorong perlunya dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan bank syariah, sikap keuangan syariah, dan perilaku keuangan syariah terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah pada mahasiswa universitas Islam di Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, pengetahuan bank syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah dengan nilai koefisien sebesar 0,248 dan nilai t hitung sebesar 3,579 (sig. 0,001). Sikap keuangan syariah juga memberikan pengaruh positif yang signifikan dengan koefisien 0,426 dan nilai t hitung sebesar 6,339 (sig. 0,000). Sementara itu, perilaku keuangan syariah memiliki pengaruh paling besar dengan koefisien sebesar 0,434 dan nilai t hitung sebesar 5,810 (sig. 0,000). Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan produk bank syariah, yang ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 33,916 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,515 dan nilai adjusted R square sebesar 0,499 menunjukkan bahwa pengetahuan bank syariah, sikap keuangan syariah, dan perilaku keuangan syariah secara bersama-sama mampu menjelaskan 49,9% variasi dalam keputusan penggunaan produk bank syariah di kalangan mahasiswa. Adapun nilai R sebesar 0,717 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara ketiga variabel independen terhadap variabel dependen, dengan nilai standard error of the estimate sebesar 1,381. Berdasarkan temuan ini, peningkatan literasi keuangan syariah menjadi faktor kunci untuk mendorong penggunaan produk bank syariah secara lebih optimal di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi keuangan syariah; pengetahuan keuangan syariah; sikap keuangan syariah; perilaku keuangan syariah; keputusan menggunakan produk bank; |
Subjects: | Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues Econmics Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia Education, Research General Management > Decision Making Management General Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ihdan Mabruron |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:49 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |