Pengaruh sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Bandung

Damayanti, Triana Noor (2025) Pengaruh sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIASI)
3_KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTARISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kinerja pegawai di instansi pemerintahan merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung sebagai penyelenggara layanan administrasi kependudukan dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan akurat. Untuk mendukung hal tersebut, Disdukcapil Kota Bandung telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Namun, belum diketahui sejauh mana implementasi sistem ini mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja pegawai Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terhadap kinerja pegawai pada Disdukcapil Kota Bandung, baik secara parsial maupun melalui masing-masing dimensi mutu. Kerangka berpikir penelitian ini merujuk pada teori Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang mencakup tujuh dimensi utama: fokus pada pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan personel, pendekatan proses, perbaikan berkelanjutan, pengambilan keputusan berbasis bukti, dan manajemen hubungan. Adapun kinerja pegawai dilihat melalui indikator hasil kerja, perilaku kerja, dan sifat pribadi. Penelitian ini mengajukan hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan ISO 9001:2015 terhadap kinerja pegawai Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 83 responden yang merupakan pegawai Disdukcapil Kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana serta analisis sumbangan efektif dari masing-masing dimensi ISO Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 41,5%. Dimensi manajemen hubungan memberikan sumbangan efektif tertinggi sebesar 20%, sedangkan dimensi peningkatan berkelanjutan memiliki kontribusi terendah sebesar 1%. Temuan ini menegaskan bahwa implementasi sistem mutu dapat meningkatkan efektivitas kerja jika dijalankan secara menyeluruh dan berkelanjutan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ISO 9001:2015; Sistem Manajemen Mutu; Kinerja Pegawai
Subjects: General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Triana Noor Damayanti
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:56
Last Modified: 15 Aug 2025 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115155

Actions (login required)

View Item View Item