Pengaruh kompetensi kepribadian tenaga administrasi terhadap pelayanan administrasi peserta didik: Penelitian di MTs Yasta Bunter Sumedang

Salsabila, Nenden (2025) Pengaruh kompetensi kepribadian tenaga administrasi terhadap pelayanan administrasi peserta didik: Penelitian di MTs Yasta Bunter Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak (2).pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH)
3_lembarpernyataankaryailmiah.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DaftarIsi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kompetensi kepribadian tenaga administrasi memiliki peran penting dalam mendukung terciptanya layanan administrasi yang berkualitas bagi peserta didik. Kepribadian yang mencakup aspek integritas, tanggung jawab, disiplin, dan kemampuan mengendalikan diri secara langsung memengaruhi profesionalitas dan efektivitas pelayanan administrasi. Tenaga administrasi yang menunjukkan sikap positif, mampu berkomunikasi dengan baik, dan melayani dengan ramah akan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena itu, kualitas kepribadian tenaga administrasi menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan sistem pelayanan yang efektif dan efisien serta memuaskan di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kompetensi kepribadian tenaga administrasi di MTs Yasta Bunter Sumedang (2) Mengetahui pelayanan administrasi peserta didik di MTs Yasta Bunter Sumedang (3) Mengetahui pengaruh kompetensi kerpibadian tenaga administrasi terhadap pelayanan administrasi peserta didik di MTs Yasta Bunter Sumedang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan menggunakan model skala Likert yang terdiri dari lima alternatif jawaban, diberikan kepada 64 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji instrumen data (validitas, reliabilitas), analisi parsial per indicator, uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas), uji hipotesis (analisis reresi linear sederhana, uji T, uji koesifien determinasi). Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa (1) Kompetensi kepribadian tenaga administrasi (Variabel X) memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,96 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”, menunjukkan bahwa respon tenaga adminsitrasi dan peserta didik terhadap indikator dalam variabel kompetensi kepribadian tenaga administrasi (X) dapat dikategorikan “Tinggi”. (2) Pelayanan administrasi peserta didik (Variabel Y) memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,04 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”, menunjukkan bahwa respon tenaga adminsitrasi dan peserta didik terhadap indikator dalam variabel pelayanan administrasi peserta didik (Y) dapat dikategorikan “Tinggi”. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian tenaga administrasi terhadap pelayanan administrasi peserta didik di MTs Yasta Bunter Sumedang, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,350, yang berarti bahwa pengaruh kompetensi kepribadian tenaga administrasi terhadap pelayanan administrasi peserta didik adalah sebesar 35%, sedangkan 65% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian; Tenaga administrasi; Pelayanan Administrasi Peserta Didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nenden salsabila
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:19
Last Modified: 21 Aug 2025 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115581

Actions (login required)

View Item View Item