Rahmah, Afifah Aini (2025) Implementasi pendidikan berbasis fitrah pada pembentukan karakter siswa sekolah dasar: Penelitian kualitatif di Hayat School Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Afifah Aini Rahmah.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keresahan penulis berdasarkan banyaknya berita buruk dalam ranah pendidikan, pentingkah kiranya angka-angka menjadi indikator kesuksesan pendidikan di sekolah. Tujuan pendidikan bukanlah sekedar intelektualitas, lebih fundamental daripada itu, yaitu etika, yaitu pemuliaan fitrah. Melalui karakter yang positif, intelek dan keterampilan anak akan ikut berkembang dan terbentuk ke arah yang positif. Ditemukan berberapa kasus seperti disorganized attachment yang ditandai dengan kesulitan dalam mengatur emosi, takut disakiti atau tidak layak dicintai, ataupun perilaku yang sulit diprediksi; dominan dan egois; kurang atau bahkan tidak memiliki rasa empati; adiksi gadget yang menyebabkan gangguan emosional dan sosial pada saat observasi di SD Hayat School. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan berbasis fitrah dalam membentuk karakter anak, melalui kerjasama guru di lingkungan sekolah dan orang tua di lingkungan rumah, lewat penjagaan serta penumbuhan fitrahnya, sejauh mana karakter anak dapat terbentuk. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi khususnya kelas I dan IV, dua fasilitator (guru kelas), kepala sekolah, serta orang tua siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan tahapan sebagai berikut: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis fitrah berdampak nyata terhadap pembentukan karakter. Siswa-siswi Hayat School menunjukkan karakter-karakter positif seperti rasa ingin tahu, kejujuran, tanggung jawab, empati, dan kemampuan bekerja sama lewat penjagaan lima fitrah dasarnya. Penelitian ini memperlihatkan bahwa ketika pendidikan selaras dengan fitrah anak, maka proses pembelajaran tidak hanya menghasilkan siswa yang cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara emosional dan sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan berbasis fitrah berkontribusi dalam membentuk karakter siswa secara komprehensif, bukan hanya itu, tetapi siswa juga sadar akan perannya di muka bumi ini, sebagai abdullah (hamba Allah) dan khalifah (pewaris). Pendidikan yang seperti ini adalah solusi dalam menjawab tantangan krisis karakter, krisis alam, dan krisis manusia yang tengah dihadapi dunia saat ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter; Fitrah; Pendidikan |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Afifah Aini |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:15 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |