Implementasi pendidikan berbasis fitrah pada pembentukan karakter siswa sekolah dasar: Penelitian kualitatif di Hayat School Kota Bandung

Rahmah, Afifah Aini (2025) Implementasi pendidikan berbasis fitrah pada pembentukan karakter siswa sekolah dasar: Penelitian kualitatif di Hayat School Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Afifah Aini Rahmah.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keresahan penulis berdasarkan banyaknya berita buruk dalam ranah pendidikan, pentingkah kiranya angka-angka menjadi indikator kesuksesan pendidikan di sekolah. Tujuan pendidikan bukanlah sekedar intelektualitas, lebih fundamental daripada itu, yaitu etika, yaitu pemuliaan fitrah. Melalui karakter yang positif, intelek dan keterampilan anak akan ikut berkembang dan terbentuk ke arah yang positif. Ditemukan berberapa kasus seperti disorganized attachment yang ditandai dengan kesulitan dalam mengatur emosi, takut disakiti atau tidak layak dicintai, ataupun perilaku yang sulit diprediksi; dominan dan egois; kurang atau bahkan tidak memiliki rasa empati; adiksi gadget yang menyebabkan gangguan emosional dan sosial pada saat observasi di SD Hayat School. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan berbasis fitrah dalam membentuk karakter anak, melalui kerjasama guru di lingkungan sekolah dan orang tua di lingkungan rumah, lewat penjagaan serta penumbuhan fitrahnya, sejauh mana karakter anak dapat terbentuk. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi khususnya kelas I dan IV, dua fasilitator (guru kelas), kepala sekolah, serta orang tua siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan tahapan sebagai berikut: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis fitrah berdampak nyata terhadap pembentukan karakter. Siswa-siswi Hayat School menunjukkan karakter-karakter positif seperti rasa ingin tahu, kejujuran, tanggung jawab, empati, dan kemampuan bekerja sama lewat penjagaan lima fitrah dasarnya. Penelitian ini memperlihatkan bahwa ketika pendidikan selaras dengan fitrah anak, maka proses pembelajaran tidak hanya menghasilkan siswa yang cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara emosional dan sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan berbasis fitrah berkontribusi dalam membentuk karakter siswa secara komprehensif, bukan hanya itu, tetapi siswa juga sadar akan perannya di muka bumi ini, sebagai abdullah (hamba Allah) dan khalifah (pewaris). Pendidikan yang seperti ini adalah solusi dalam menjawab tantangan krisis karakter, krisis alam, dan krisis manusia yang tengah dihadapi dunia saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter; Fitrah; Pendidikan
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afifah Aini
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:15
Last Modified: 25 Aug 2025 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115771

Actions (login required)

View Item View Item