Pembelajaran proyek pembuatan infografis terhadap peningkatan komunikasi sains siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup

Nabiilah, Putri Zaniar (2025) Pembelajaran proyek pembuatan infografis terhadap peningkatan komunikasi sains siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan komunikasi sains merupakan salah satu dimensi penting pada abad 21 sehingga upaya pengembangannya perlu menerapkan model pembelajaran yang bersifat inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi sains siswa melalui pembelajaran proyek pembuatan infografis pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menerapkan metode quasi experimental dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive dengan dua kelas yang berjumlah 34 siswa setiap kelasnya. Proses pembelajaran menggunakan model proyek yang menghasilkan produk berupa infografis. Hasil asesmen produk infografis menunjukkan rata – rata skor 81,25% dengan kategori sangat baik. Instrumen penelitian menggunakan jenis soal essay yang mengacu pada indikator komunikasi sains yaitu keterampilan mengubah bentuk penyajian data, keterampilan mengubah bentuk penyajian dalam bentuk tabel, keterampilan mengubah bentuk penyajian dalam bentuk diagram, keterampilan membaca grafik dan mendiskusikan hasil kegiatan ilmiah. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata – rata 0.57 dengan kategori sedang dan kelas reguler 0.29 dengan kategori rendah. Uji hipotesis juga menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan komunikasi sains antara kelas eksperimen dan reguler. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran proyek pembuatan infografis memiliki implikasi yang baik terhadap peningkatan keterampilan komunikasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Proyek; Infografis; Keterampilan Komunikasi Sains
Subjects: Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Statistical Methods of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Zaniar Nabiilah
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:57
Last Modified: 25 Aug 2025 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115907

Actions (login required)

View Item View Item