Nabiilah, Putri Zaniar (2025) Pembelajaran proyek pembuatan infografis terhadap peningkatan komunikasi sains siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (680kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan komunikasi sains merupakan salah satu dimensi penting pada abad 21 sehingga upaya pengembangannya perlu menerapkan model pembelajaran yang bersifat inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi sains siswa melalui pembelajaran proyek pembuatan infografis pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menerapkan metode quasi experimental dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive dengan dua kelas yang berjumlah 34 siswa setiap kelasnya. Proses pembelajaran menggunakan model proyek yang menghasilkan produk berupa infografis. Hasil asesmen produk infografis menunjukkan rata – rata skor 81,25% dengan kategori sangat baik. Instrumen penelitian menggunakan jenis soal essay yang mengacu pada indikator komunikasi sains yaitu keterampilan mengubah bentuk penyajian data, keterampilan mengubah bentuk penyajian dalam bentuk tabel, keterampilan mengubah bentuk penyajian dalam bentuk diagram, keterampilan membaca grafik dan mendiskusikan hasil kegiatan ilmiah. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata – rata 0.57 dengan kategori sedang dan kelas reguler 0.29 dengan kategori rendah. Uji hipotesis juga menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan komunikasi sains antara kelas eksperimen dan reguler. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran proyek pembuatan infografis memiliki implikasi yang baik terhadap peningkatan keterampilan komunikasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Proyek; Infografis; Keterampilan Komunikasi Sains |
Subjects: | Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Biology > Statistical Methods of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Zaniar Nabiilah |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |