Nurhayati, Annisa (2025) Penerapan model pembelajaran POE2WE (Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write And Evaluation) berbantuan Glideapps untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2 .pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi esensial abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan global. Namun, kenyataannya menunjukkan bahwa keterampilan ini masih tergolong rendah dalam dunia pendidikan, khususnya di jenjang menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran POE2WE dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran POE2WE. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI-B dan XI-C SMA Nugraha Bandung. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal keterampilan berpikir kritis berbasis indikator Ennis. Teknik analisis data mencakup perhitungan lembar observasi, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran POE2WE berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 99% dan aktivitas peserta didik 91%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran POE2WE dengan nilai N-Gain sebesar 0,73 pada kategori tinggi di kelas eksperimen I dan nilai N-Gain sebesar 0,56 pada kategori sedang di kelas eksperimen II.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POE2WE; Glideapps; keterampilan berpikir kritis; fluida dinamis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Annisa Nurhayati |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 06:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 06:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |