Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Dwikurnia, Deslie Salza (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif Scratch yang di uji cobakan kepada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli, angket kepraktisan dan respon siswa, serta tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak digunakan berdasarkan penilaian para ahli. Kepraktisan dan respon siswa terhadap penggunaan media juga berada pada kategori sangat praktis dan baik. Selain itu, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan temuan tersebut, media pembelajaran berbantuan Scratch ini dinilai efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di jenjang SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif; Scratch; Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Deslie Salza Dwikurnia
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:44
Last Modified: 28 Aug 2025 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116366

Actions (login required)

View Item View Item