Dwikurnia, Deslie Salza (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (486kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif Scratch yang di uji cobakan kepada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli, angket kepraktisan dan respon siswa, serta tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak digunakan berdasarkan penilaian para ahli. Kepraktisan dan respon siswa terhadap penggunaan media juga berada pada kategori sangat praktis dan baik. Selain itu, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan temuan tersebut, media pembelajaran berbantuan Scratch ini dinilai efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di jenjang SMP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Scratch; Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Deslie Salza Dwikurnia |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |