Fauziah, Rahma Nur (2025) Penggunaan model Experiential Learning berbantu media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP: Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 54 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (309kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi awal wawancara dengan guru mata pelajaran PAI SMPN 54 Kota Bandung diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan hanya model ceramah, penggunaan model pembelajaran yang tidak bervariasi diduga sebagai penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa. Peneliti akan menerapkan model experiential leraning yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbantu media power point pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII-A SMPN 54 Kota Bandung. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP setelah menggunakan model pembelajaran experiential learning berbantu media power point pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII-A SMPN 54 Kota Bandung. Hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan model atau media pembelajaran. Model pembelajaran experiential learning berbantu media power point diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran experiential learning dipilih karena menekankan pada keterlibatan langsung siswa melalui pengalaman belajar yang konkret dan reflektif, yang diyakini dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Alat pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, serta observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Sampel penelitian kelas VII SMPN 54 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penggunaan model pembelajaran experiential learning terlaksana dengan baik, berdasarkan pada hasil observasi pembelajaran dengan skor rata-rata 83%. (2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran experiential learning berada pada kategori rendah dengan N-Gain sebedar 0,17. Berdasarkan Uji t melalui SPSS for windows 21 menunjukkan nilai signifikansi 0,006 > 0,005, sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan setelah penggunaan model experiential learning berbantu media power point pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 54 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Experiential Learning; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rahma Nur Nur Fauziah |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 06:31 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |