Penggunaan model Experiential Learning berbantu media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP: Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 54 Kota Bandung

Fauziah, Rahma Nur (2025) Penggunaan model Experiential Learning berbantu media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP: Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 54 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi awal wawancara dengan guru mata pelajaran PAI SMPN 54 Kota Bandung diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan hanya model ceramah, penggunaan model pembelajaran yang tidak bervariasi diduga sebagai penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa. Peneliti akan menerapkan model experiential leraning yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbantu media power point pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII-A SMPN 54 Kota Bandung. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP setelah menggunakan model pembelajaran experiential learning berbantu media power point pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII-A SMPN 54 Kota Bandung. Hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan model atau media pembelajaran. Model pembelajaran experiential learning berbantu media power point diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran experiential learning dipilih karena menekankan pada keterlibatan langsung siswa melalui pengalaman belajar yang konkret dan reflektif, yang diyakini dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Alat pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, serta observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Sampel penelitian kelas VII SMPN 54 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penggunaan model pembelajaran experiential learning terlaksana dengan baik, berdasarkan pada hasil observasi pembelajaran dengan skor rata-rata 83%. (2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran experiential learning berada pada kategori rendah dengan N-Gain sebedar 0,17. Berdasarkan Uji t melalui SPSS for windows 21 menunjukkan nilai signifikansi 0,006 > 0,005, sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan setelah penggunaan model experiential learning berbantu media power point pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 54 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Experiential Learning; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Nur Nur Fauziah
Date Deposited: 28 Aug 2025 06:31
Last Modified: 28 Aug 2025 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116538

Actions (login required)

View Item View Item