Efektivitas pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa: Penelitian di Man 2 Kota Bandung

Utomo, Ridho Budi (2025) Efektivitas pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa: Penelitian di Man 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Surat Bebas Plagiarisme.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN PENELITIAN)
Lampiran Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum optimalnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, yang merupakan kemampuan esensial dalam proses pembelajaran. Guru telah berupaya menggunakan pendekatan berbasis multiliterasi khususnya multimedia daan multikonteks, namun efektivitasnya perlu dikaji lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan proses implementasi pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi di MAN 2 Kota Bandung; 2) menganalisis hasil pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi di MAN 2 Kota Bandung; 3) menguji efektivitas pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di MAN 2 Kota Bandung. Selanjutnya, beberapa teori dijadikan acuan dalam penelitian ini antara lain: teori multiliterasi, teori berpikir kritis, dan teori berpikir kreatif yang dapat digunakan untuk memperdalam pembahasan serta menguatkan argumen penelitian. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan bentuk triangulasi konkuren. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, angket, dan tes. Analisis datanya menggunakan analisis tematik, stastistik deskriptif, dan inferensial dengan uji Wilcoxon Signed-Rank. Hasil penelitian menunjukan: 1) proses pembelajaran Fiqih menggunakan pendekatan multiliterasi; 2) implementasi pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa; 3) Pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi efektif dalam mencapai kemampuan berpikir kritis, namun tidak efektif untuk kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih; Multiliterasi; Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Religious Education
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Utomo Ridho Budi
Date Deposited: 31 Aug 2025 21:55
Last Modified: 31 Aug 2025 21:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116629

Actions (login required)

View Item View Item