Utomo, Ridho Budi (2025) Efektivitas pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa: Penelitian di Man 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Surat Bebas Plagiarisme.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (706kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN PENELITIAN)
Lampiran Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum optimalnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, yang merupakan kemampuan esensial dalam proses pembelajaran. Guru telah berupaya menggunakan pendekatan berbasis multiliterasi khususnya multimedia daan multikonteks, namun efektivitasnya perlu dikaji lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan proses implementasi pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi di MAN 2 Kota Bandung; 2) menganalisis hasil pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi di MAN 2 Kota Bandung; 3) menguji efektivitas pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di MAN 2 Kota Bandung. Selanjutnya, beberapa teori dijadikan acuan dalam penelitian ini antara lain: teori multiliterasi, teori berpikir kritis, dan teori berpikir kreatif yang dapat digunakan untuk memperdalam pembahasan serta menguatkan argumen penelitian. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan bentuk triangulasi konkuren. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, angket, dan tes. Analisis datanya menggunakan analisis tematik, stastistik deskriptif, dan inferensial dengan uji Wilcoxon Signed-Rank. Hasil penelitian menunjukan: 1) proses pembelajaran Fiqih menggunakan pendekatan multiliterasi; 2) implementasi pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa; 3) Pembelajaran Fiqih berbasis multiliterasi efektif dalam mencapai kemampuan berpikir kritis, namun tidak efektif untuk kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Fiqih; Multiliterasi; Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | Religious Education Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Utomo Ridho Budi |
Date Deposited: | 31 Aug 2025 21:55 |
Last Modified: | 31 Aug 2025 21:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |