Pembelajaran menggunakan metode Fun Teaching dengan aplikasi Bamboozle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self persistence siswa

Ahqafi, Hami (2025) Pembelajaran menggunakan metode Fun Teaching dengan aplikasi Bamboozle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIRISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (65MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis dan self persistence merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Baamboozle memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan bermakna sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika. Namun, agar penerapannya efektif, metode ini perlu dirancang dengan strategi pembelajaran yang serta didukung dengan bantuan dan sumber daya yang memadai. Penelitian ini mengkaji pembelajaran matematika melalui penerapan metode Fun Tecahing yang dipadukan dengan aplikasi Baamboozle sebagai upaya meningkatkkan kemampuan pemahaman matematis dan self persistence siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan proses pembelajaran antar dua kelas eksperimen, (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa dua kelas eksperimen dengan kelas konvensional, (3) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis antar ketiga kelas berdasarkan gender, dan (4) perbedaan self persistence antara sebelum dan sesudah pembelajaran dalam kelas eksperimen 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran fun teaching berbantuan aplikasi baamboozle efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dibandingkan pembelajaran fun teaching dan pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari gender terhadap pencapaian pemahaman matematis, serta tidak ditemukan interaksi antara metode pembelajaran dan gender, dan (3) terdapat peningkatan self persistence yang lebih tinggi pada siswa yang menggunakan pembelajaran fun teaching berbantuan aplikasi baamboozle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Baamboozle; Metode Fun Tecahing; Kemampuan Pemahaman Matematis, Self Persistence
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hami Ahqaf Hami Hami Ahqafi
Date Deposited: 29 Aug 2025 01:45
Last Modified: 29 Aug 2025 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116639

Actions (login required)

View Item View Item