Ahqafi, Hami (2025) Pembelajaran menggunakan metode Fun Teaching dengan aplikasi Bamboozle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIRISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (734kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (65MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis dan self persistence merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Baamboozle memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan bermakna sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika. Namun, agar penerapannya efektif, metode ini perlu dirancang dengan strategi pembelajaran yang serta didukung dengan bantuan dan sumber daya yang memadai. Penelitian ini mengkaji pembelajaran matematika melalui penerapan metode Fun Tecahing yang dipadukan dengan aplikasi Baamboozle sebagai upaya meningkatkkan kemampuan pemahaman matematis dan self persistence siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan proses pembelajaran antar dua kelas eksperimen, (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa dua kelas eksperimen dengan kelas konvensional, (3) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis antar ketiga kelas berdasarkan gender, dan (4) perbedaan self persistence antara sebelum dan sesudah pembelajaran dalam kelas eksperimen 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran fun teaching berbantuan aplikasi baamboozle efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dibandingkan pembelajaran fun teaching dan pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari gender terhadap pencapaian pemahaman matematis, serta tidak ditemukan interaksi antara metode pembelajaran dan gender, dan (3) terdapat peningkatan self persistence yang lebih tinggi pada siswa yang menggunakan pembelajaran fun teaching berbantuan aplikasi baamboozle.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baamboozle; Metode Fun Tecahing; Kemampuan Pemahaman Matematis, Self Persistence |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hami Ahqaf Hami Hami Ahqafi |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 01:45 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 01:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |