Pengaruh bimbingan hafalan AL-QURAN terhadap Self-Control perilaku agresif: Penelitian di MA As-Sunnah Kota Cirebon

Nurkhalid, Abdul Hariz Segara (2025) Pengaruh bimbingan hafalan AL-QURAN terhadap Self-Control perilaku agresif: Penelitian di MA As-Sunnah Kota Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Image (TURNITIN)
IMG_5197.jpeg

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB VI)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya perilaku agresif dikalangan remaja yang umumnya disebabkan oleh lemahnya kontrol diri dan kurangnya pembinaan karakter berbasis nilai spiritual. Bimbingan hafalan Al- Qur’an dipandang sebagai sarana potensial dalam membentuk disiplin, ketekunan, serta pengendalian emosi melalui internalisasi nilai-nilai ilahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan antara bimbingan hafalan Al-Qur’an terhadap self control perilaku agresif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif kausal. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas XII yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan hafalan. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan dua kerangka teori utama. Pertama, menurut Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumuddin, hafalan Al-Qur’an merupakan media penyucian jiwa dan perbaikan akhlak, karena Al-Qur’an menjadi dasar utama dalam membentuk hati dan perilaku seseorang. Kedua, teori dari Walter Mischel menjelaskan bahwa self control adalah kemampuan untuk menunda kepuasan demi mencapai hasil jangka panjang, yang terbentuk melalui latihan konsisten dan penguatan nilai. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan hafalan Al-Qur’an terhadap self control perilaku agresif, dengan nilai signifikansi 0.000 dan koefisien regresi sebesar 0.713. Artinya, semakin aktif siswa dalam mengikuti bimbingan hafalan, semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam mengelola dorongan dan menghindari perilaku agresif. Kesimpulannya, bimbingan hafalan Al-Qur’an terbukti menjadi layanan efektif dalam meningkatkan kontrol diri siswa sekaligus menekan perilaku agresif. Program ini layak dikembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari strategi pembinaan karakter dalam pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Hafalan Al-Qur’an; Self Control; Perilaku Agresif
Subjects: Applied Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hariz Segara Nurkhalid
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:25
Last Modified: 01 Sep 2025 01:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116676

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item