Nurkhalid, Abdul Hariz Segara (2025) Pengaruh bimbingan hafalan AL-QURAN terhadap Self-Control perilaku agresif: Penelitian di MA As-Sunnah Kota Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (123kB) | Preview |
|
![]()
|
Image (TURNITIN)
IMG_5197.jpeg Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (393kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya perilaku agresif dikalangan remaja yang umumnya disebabkan oleh lemahnya kontrol diri dan kurangnya pembinaan karakter berbasis nilai spiritual. Bimbingan hafalan Al- Qur’an dipandang sebagai sarana potensial dalam membentuk disiplin, ketekunan, serta pengendalian emosi melalui internalisasi nilai-nilai ilahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan antara bimbingan hafalan Al-Qur’an terhadap self control perilaku agresif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif kausal. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas XII yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan hafalan. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan dua kerangka teori utama. Pertama, menurut Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumuddin, hafalan Al-Qur’an merupakan media penyucian jiwa dan perbaikan akhlak, karena Al-Qur’an menjadi dasar utama dalam membentuk hati dan perilaku seseorang. Kedua, teori dari Walter Mischel menjelaskan bahwa self control adalah kemampuan untuk menunda kepuasan demi mencapai hasil jangka panjang, yang terbentuk melalui latihan konsisten dan penguatan nilai. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan hafalan Al-Qur’an terhadap self control perilaku agresif, dengan nilai signifikansi 0.000 dan koefisien regresi sebesar 0.713. Artinya, semakin aktif siswa dalam mengikuti bimbingan hafalan, semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam mengelola dorongan dan menghindari perilaku agresif. Kesimpulannya, bimbingan hafalan Al-Qur’an terbukti menjadi layanan efektif dalam meningkatkan kontrol diri siswa sekaligus menekan perilaku agresif. Program ini layak dikembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari strategi pembinaan karakter dalam pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Hafalan Al-Qur’an; Self Control; Perilaku Agresif |
Subjects: | Applied Psychology Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Hariz Segara Nurkhalid |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:25 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116676 |
Available Versions of this Item
-
Pengaruh Bimbingan Hafalan Al-Quran Terhadap Self-control Perilaku Agresif (Penelitian di MA As-Sunnah Kota Cirebon. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengaruh bimbingan hafalan AL-QURAN terhadap Self-Control perilaku agresif: Penelitian di MA As-Sunnah Kota Cirebon. (deposited 01 Sep 2025 01:25) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |