Setiawan, Dennis Yanuar (2025) Komunikasi Ustaz Mohamad Jaelani dalam ceramah pembinaan akhlak remaja: Studi deskriptif pada kegiatan kajian rutin remaja di Masjid Al-Hikmah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (488kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftapustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi dalam dakwah memegang peran penting dalam membentuk akhlak, terutama pada masa remaja yang rentan terpengaruh hal negatif. Ustaz Mohamad Jaelani di Masjid Al-Hikmah Bandung menggunakan pendekatan komunikasi interaktif dan kontekstual dalam kajian rutin remaja. Penelitian ini mengkaji pola komunikasi yang ia gunakan dalam ceramah pembinaan akhlak. Fokus penelitian adalah tiga model komunikasi: linear, interaksional, dan transaksional. Diteliti pula bagaimana penerapan masing-masing model dalam penyampaian pesan dakwah serta dampaknya terhadap pemahaman dan perilaku akhlak remaja, termasuk efektivitas komunikasi dalam membangun hubungan emosional dan moral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam di Masjid Al-Hikmah. Subjek penelitian terdiri dari ustaz, dua remaja peserta kajian, satu pengurus masjid, dan satu pembina. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi dengan triangulasi untuk meningkatkan validitas. Teori yang digunakan adalah model komunikasi Ronald B. Adler dan George Rodman. Teori ini menjelaskan dinamika komunikasi antara ustaz dan remaja, termasuk proses penyampaian dan respon pesan secara timbal balik, serta pentingnya interaksi simultan untuk menciptakan makna bersama dan meningkatkan efektivitas komunikasi dakwah. Hasil menunjukkan bahwa Ustaz Jaelani menggunakan ketiga model komunikasi secara bersamaan, dengan dominasi model interaksional dan transaksional. Komunikasi linear tetap dipakai saat menyampaikan inti materi, namun diskusi spontan dan dialog personal menjadi ciri khas yang memperkuat pemahaman dan keterlibatan audiens. Pendekatan humanis, kontekstual, dan adaptif membantu membentuk sikap dan perilaku akhlak positif pada remaja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi dakwah; pola komunikasi; ceramah; pembinaan akhlak; remaja; ustaz |
Subjects: | Islam > Sermons and Preaching Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Dennis Yanuar Setiawan |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 23:08 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 23:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |