Hasbulloh, Imam (2025) Pengembangan e-modul pembelajaran berbantuan Macromedia Flash melalui model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir Visual dan Curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (Surat keterangan bebas plagiarisme)
3_Surat Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar isi)
4_Daftar Isi.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
5_Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab II)
6_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
7_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
8_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
9_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan e-modul berbantuan Macromedia Flash dinilai mampu menciptakan pembelajaran interaktif, terarah, dan menarik. Namun, di lapangan masih ditemukan rendahnya kemampuan berpikir visual, kurangnya rasa ingin tahu, serta penggunaan media pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbantuan Macromedia Flash melalui pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir visual dan curiosity siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate), dilaksanakan di salah satu SMP swasta di Kota Cimahi dengan subjek siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan e-modul memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validasi ahli materi dan media menyatakan e-modul sangat layak digunakan. Uji coba lapangan memperlihatkan peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir visual dan rasa ingin tahu siswa. E-modul ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; Macromedia Flash; Direct Instruction; Berpikir Visual; Curiosity. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Elementary Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Imam Hasbulloh |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:00 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |