Pengembangan e-modul pembelajaran berbantuan Macromedia Flash melalui model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir Visual dan Curiosity siswa

Hasbulloh, Imam (2025) Pengembangan e-modul pembelajaran berbantuan Macromedia Flash melalui model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir Visual dan Curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat keterangan bebas plagiarisme)
3_Surat Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar isi)
4_Daftar Isi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
5_Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text (Bab V)
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (Lampiran)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan e-modul berbantuan Macromedia Flash dinilai mampu menciptakan pembelajaran interaktif, terarah, dan menarik. Namun, di lapangan masih ditemukan rendahnya kemampuan berpikir visual, kurangnya rasa ingin tahu, serta penggunaan media pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbantuan Macromedia Flash melalui pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir visual dan curiosity siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate), dilaksanakan di salah satu SMP swasta di Kota Cimahi dengan subjek siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan e-modul memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validasi ahli materi dan media menyatakan e-modul sangat layak digunakan. Uji coba lapangan memperlihatkan peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir visual dan rasa ingin tahu siswa. E-modul ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul; Macromedia Flash; Direct Instruction; Berpikir Visual; Curiosity.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Imam Hasbulloh
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:00
Last Modified: 12 Sep 2025 01:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117140

Actions (login required)

View Item View Item