Self-Management dan Motivasi Belajar sebagai prediktor terhadap Academic Procrastination pada siswa SMA Y

Azizah, Ismalia Siti Nur (2025) Self-Management dan Motivasi Belajar sebagai prediktor terhadap Academic Procrastination pada siswa SMA Y. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_SKBebasPlagiarism.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DaftarIsi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kecenderungan menunda-nunda tugas akademik yang dilakukan siswa dengan memilih mengerjakan hal yang lebih menarik lainnya, fenomena tersebut disebut sebagai academic procrastination. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-management dan motivasi belajar sebagai prediktor terhadap academic procrastination pada siswa SMA Y. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 239 siswa kelas XI dan XII SMA Y yang dipilih dengan menggunakan Teknik proportionate stratified random sampling. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa self-management dan motivasi belajar secara simultan berperan signifikan terhadap academic procrastination (R² = 0,190, p < 0,05). Secara parsial, self-management berpengaruh negatif signifikan terhadap academic procrastination sedangkan motivasi belajar tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Pada penelitian lebih lanjut diperoleh hasil tambahan dari setiap dimensi pada motivasi belajar didapat bahwa intrinsic motivation memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan extrinsic motivation dan amotivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya penguatan kemampuan self-management siswa sehingga upaya menurunkan tingkat academic procrastination pada siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: academic procrastination; self-management; motivasi belajar; siswa
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ismalia Siti Nur Azizah
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:25
Last Modified: 08 Sep 2025 01:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117143

Actions (login required)

View Item View Item