Azizah, Ismalia Siti Nur (2025) Self-Management dan Motivasi Belajar sebagai prediktor terhadap Academic Procrastination pada siswa SMA Y. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_SKBebasPlagiarism.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DaftarIsi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kecenderungan menunda-nunda tugas akademik yang dilakukan siswa dengan memilih mengerjakan hal yang lebih menarik lainnya, fenomena tersebut disebut sebagai academic procrastination. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-management dan motivasi belajar sebagai prediktor terhadap academic procrastination pada siswa SMA Y. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 239 siswa kelas XI dan XII SMA Y yang dipilih dengan menggunakan Teknik proportionate stratified random sampling. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa self-management dan motivasi belajar secara simultan berperan signifikan terhadap academic procrastination (R² = 0,190, p < 0,05). Secara parsial, self-management berpengaruh negatif signifikan terhadap academic procrastination sedangkan motivasi belajar tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Pada penelitian lebih lanjut diperoleh hasil tambahan dari setiap dimensi pada motivasi belajar didapat bahwa intrinsic motivation memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan extrinsic motivation dan amotivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya penguatan kemampuan self-management siswa sehingga upaya menurunkan tingkat academic procrastination pada siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | academic procrastination; self-management; motivasi belajar; siswa |
Subjects: | Education Education > Psychology of Education Secondary Education > Upper Level Secondary School |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Ismalia Siti Nur Azizah |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:25 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |