Peran sabar dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis guru: Studi deskriptif di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cileunyi, Kabupaten Bandung

Farihah, Arina Salma (2025) Peran sabar dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis guru: Studi deskriptif di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Guru Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) menghadapi tantangan kompleks dalam mendidik siswa berkebutuhan khusus, terutama saat siswa memasuki masa pubertas yang ditandai perubahan perilaku tidak stabil, kesulitan komunikasi, serta tuntutan dan ekspektasi orang tua yang meningkat. Kondisi ini sering menimbulkan tekanan emosional, stres, dan kelelahan psikologis berkelanjutan bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran sikap sabar dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis guru SMPLB di SLBN Cileunyi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap empat informan guru. Analisis penelitian ini menggunakan teori sabar dari Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (sabar dalam menaati perintah Allah, menahan diri dari perbuatan negatif, dan menghadapi takdir sulit) yang dipadukan dengan konsep kesejahteraan psikologis (psychological well-being) dari Carol Ryff (penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesabaran memainkan peran utama dalam membentuk ketahanan psikologis guru SMPLB. Guru yang mengembangkan kesabaran secara aktif mampu mengelola emosi dalam situasi sulit, menjalin komunikasi empatik dengan siswa, serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan individu peserta didik. Kesabaran juga terbukti memberikan makna spiritual dan moral dalam menjalankan profesi, mendukung keseimbangan emosional, motivasi kerja, dan kualitas hubungan interpersonal di lingkungan sekolah. Sabar bukan sekadar nilai religius, melainkan strategi psikologis dan sosial yang berdaya guna dalam menghadapi dinamika pendidikan luar biasa, secara signifikan meningkatkan kesejahteraan psikologis guru SMPLB dan kualitas pengajaran mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru; Kesejahteraan Psikologis; Sabar
Subjects: Psychology
Islam > Pillars of Islam
Islam Umum
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Arina Salma
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:28
Last Modified: 02 Sep 2025 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117162

Actions (login required)

View Item View Item