Farihah, Arina Salma (2025) Peran sabar dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis guru: Studi deskriptif di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (118kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Guru Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) menghadapi tantangan kompleks dalam mendidik siswa berkebutuhan khusus, terutama saat siswa memasuki masa pubertas yang ditandai perubahan perilaku tidak stabil, kesulitan komunikasi, serta tuntutan dan ekspektasi orang tua yang meningkat. Kondisi ini sering menimbulkan tekanan emosional, stres, dan kelelahan psikologis berkelanjutan bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran sikap sabar dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis guru SMPLB di SLBN Cileunyi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap empat informan guru. Analisis penelitian ini menggunakan teori sabar dari Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (sabar dalam menaati perintah Allah, menahan diri dari perbuatan negatif, dan menghadapi takdir sulit) yang dipadukan dengan konsep kesejahteraan psikologis (psychological well-being) dari Carol Ryff (penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesabaran memainkan peran utama dalam membentuk ketahanan psikologis guru SMPLB. Guru yang mengembangkan kesabaran secara aktif mampu mengelola emosi dalam situasi sulit, menjalin komunikasi empatik dengan siswa, serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan individu peserta didik. Kesabaran juga terbukti memberikan makna spiritual dan moral dalam menjalankan profesi, mendukung keseimbangan emosional, motivasi kerja, dan kualitas hubungan interpersonal di lingkungan sekolah. Sabar bukan sekadar nilai religius, melainkan strategi psikologis dan sosial yang berdaya guna dalam menghadapi dinamika pendidikan luar biasa, secara signifikan meningkatkan kesejahteraan psikologis guru SMPLB dan kualitas pengajaran mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Kesejahteraan Psikologis; Sabar |
Subjects: | Psychology Islam > Pillars of Islam Islam Umum Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Arina Salma |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:28 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |