Penggunaan metode brainstorming pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI

Fitriani, Teti (2018) Penggunaan metode brainstorming pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP Negeri 31 Bandung, bahwa aktivitas belajar siswa di kelas khususnya pada saat pembelajaran PAI masih terlihat pasif. Siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru yang kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton sehingga peran guru yang sangat dominan, sementara siswa hanya mendengarkan dan menyimak materi atau pengetahuan yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode brainstorming pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa dibagi menjadi tiga macam, yaitu a) faktor internal (faktor dari dalam diri siswa), b) faktor eksternal (faktor dari luar siswa), c) faktor pendekatan belajar, yaitu jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode pembelajaran yang digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran, dan materi-materi pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha : penggunaan metode brainstorming berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, karena metode ini dianggap mampu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode terhadap keberhasilan suatu pembelajaran. Sample terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dilakukan di kelas VIII A dan kelas VIII B siswa SMP Negeri 31 Bandung. Sedangkan proses pengumpulan data nya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan statistik, diperoleh suatu simpulan bahwa penggunaan metode brainstorming pada mata pelajaran PAI menunjukkan 95% keterlaksanaan pembelajaran berhasil dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas kontrol dan kelas eksperimen dari hasil lembar observasi awal dan akhir diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas kontrol dengan LO awal dan akhir 28,29 dan 28,97 dengan nilai N-gain 0,06 termasuk ke dalam kriteria sedang, sedangkan kelas eksperimen LO awal dan akhir 28,34 dan 34,34 dengan nilai N-gain 0,50 termasuk kedalam kriteria tinggi. Maka penggunaan metode brainstorming berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, terbukti dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan t-tes, jika t-hitung > t-tabel maka dapat diinterprestasikan Ha diterima dan Ho ditolak, berdasarkan hasil perhitungan nilai t-hitung yang dapat adalah 9,76 sedangkan nilai t-tabel dengan taraf sigifikan 5% dengan db = 74 adalah 1,99 itu berarti t-hitung > t-tabel yaitu 9,76 > 1,99.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Brainstorming; Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: teti fitriani fitriani
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:12
Last Modified: 25 Jul 2018 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item