Pengaruh regulasi diri dan parental involvement terhadap kedisiplinan siswa MTs Y Majalengka

Malika, Istiqa Nurhillah Abdiny (2025) Pengaruh regulasi diri dan parental involvement terhadap kedisiplinan siswa MTs Y Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Masalah kedisiplinan menjadi tantangan yang dapat menghambat proses belajar dan pencapaian akademik. Masalah ini terjadi diberbagai sekolah, tidak terkecuali di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi dari dan parental Involvement terhadap kedisiplinan siswa MTs Y Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional dengan sifat kausalitas dengan teknik analisis regresi linear berganda. Sebanyak 249 siswa teribat sebagai sampel dalam penelitian ini dan dikumpulkan melalui teknik convinience sampling. Hasi dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh simultan dari regulasi diri dan parental involvement terhadap kedisiplinan dengan nilai F = 23.726 dan p=0.000 (<0.05). Secara parsial, regulasi berpengaruh terhadap kedisiplinan dengan nilai p = 0.000 (<0.05). Sedangkan parental involvement tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan dengan nilai p = 0.066 (>0.05). Temuan ini menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa lebih ditentukan oleh kemampuan mereka dalam mengatur diri, bukan oleh tingkat keterlibatan orang tua dalam aktivitas pendidikan. ENGLISH: Discipline issues can hinder the learning process and academic achievement. This problem occurs in various schools, including Madrasah Tsanawiyah (MTs) institutions. This study aims to investigate the influence of self-regulation and parental involvement on student discipline at MTs Y Majalengka. A quantitative correlational approach with a causal nature was employed, utilizing multiple linear regression analysis techniques. A total of 249 students were sampled for this study using convenience sampling techniques. The results indicate that self-regulation and parental involvement simultaneously influence discipline, with values of F=23.726 and p= 0.000 (<0.05). Self-regulation partially influences discipline, with P= 0.000 (<0.05); meanwhile, parental involvement does not influence discipline with P=0.066 (>0.05). These findings suggest that student discipline is more influenced by their ability to self-regulate than by the level of parental involvement in educational activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; regulasi diri; parental involvement; psikologi pendidikan
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Istiqa Nurhillah Abdiny Malika
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:46
Last Modified: 03 Sep 2025 08:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117287

Actions (login required)

View Item View Item