Nuraulia, Syifa (2025) Penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf Download (936kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftarisi.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di SMP IT Nurul Palah, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Siswa cenderung pasif, jarang bertanya, dan kurang terlibat dalam diskusi. Kondisi ini terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru, didominasi metode ceramah dan penggunaan buku paket, sehingga tidak memberi ruang bagi siswa untuk aktif mengeksplorasi materi. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model Inquiry Based Learning (IBL) dalam pembelajaran, dan (2) menganalisis peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh melalui observasi, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan SPSS versi 27 melalui uji normalitas, homogenitas, perhitungan N-Gain, serta uji hipotesis Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan penerapan IBL berjalan sangat baik dengan keterlaksanaan guru mencapai 85% (kategori “baik”). Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kontrol, dengan rata-rata posttest 4,13 berbanding 3,44. N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,3 (kategori “sedang”), dan uji Mann-Whitney menghasilkan sig.<0,001. Hal ini membuktikan adanya pengaruh signifikan penerapan IBL terhadap aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Based Learning; Aktivitas Belajar; Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education Education > Psychology of Education Education > Sociology of Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syifa Nur Aulia |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:46 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |