Penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Nuraulia, Syifa (2025) Penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di SMP IT Nurul Palah, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Siswa cenderung pasif, jarang bertanya, dan kurang terlibat dalam diskusi. Kondisi ini terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru, didominasi metode ceramah dan penggunaan buku paket, sehingga tidak memberi ruang bagi siswa untuk aktif mengeksplorasi materi. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model Inquiry Based Learning (IBL) dalam pembelajaran, dan (2) menganalisis peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh melalui observasi, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan SPSS versi 27 melalui uji normalitas, homogenitas, perhitungan N-Gain, serta uji hipotesis Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan penerapan IBL berjalan sangat baik dengan keterlaksanaan guru mencapai 85% (kategori “baik”). Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kontrol, dengan rata-rata posttest 4,13 berbanding 3,44. N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,3 (kategori “sedang”), dan uji Mann-Whitney menghasilkan sig.<0,001. Hal ini membuktikan adanya pengaruh signifikan penerapan IBL terhadap aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Based Learning; Aktivitas Belajar; Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Education > Psychology of Education
Education > Sociology of Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syifa Nur Aulia
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:46
Last Modified: 08 Sep 2025 03:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117699

Actions (login required)

View Item View Item