Strategi pengasuhan Guru melalui pendekatan Humanistik dalam mengatasi Disruptive Behavior Anak Usia Dini : Penelitian di TK ABA AT-TAQWA Sumedang

Maulida, Malika Justicia (2025) Strategi pengasuhan Guru melalui pendekatan Humanistik dalam mengatasi Disruptive Behavior Anak Usia Dini : Penelitian di TK ABA AT-TAQWA Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarsm.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku disruptive pada anak usia dini, seperti tantrum, tidak patuh, dan agresif, sering muncul di lingkungan pendidikan termasuk TK ABA AT-TAQWA. Jika tidak ditangani dengan baik, perilaku disruprive dapat mengganggu proses belajar, suasana kelas, dan perkembangan anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab munculnya disruptive behavior pada anak usia dini di TK ABA AT-TAQWA, mengetahui pola pengasuhan yang digunakan guru dalam menghadapi perilaku tersebut, dan memahami kendala yang dihadapi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang anaknya menunjukkan perilaku disruptive. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sumber untuk menjamin keabsahan data. Teori yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah pendekatan humanistik dari Carl Rogers, yang menekankan pentingnya penerimaan tanpa syarat, empati, aktualisasi diri, serta pengakuan terhadap potensi unik setiap individu. Teori disruptive behavior dirujuk dari McMahon dan Loschiavo yang mengklasifikasikan perilaku mengganggu berdasarkan intensitas dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku disruptive pada anak usia dini di TK ABA AT-TAQWA disebabkan pola asuh di rumah yang kurang konsisten, kebutuhan emosional yang tidak terpenuhi, dan kurangnya stimulasi lingkungan. Strategi pengasuhan yang digunakan guru didasarkan pada pendekatan humanistik, seperti membangun komunikasi empatik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan pengalihan perilaku. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas, kurangnya tenaga ahli, dan minimnya pelatihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan anak usia dini; Pendekatan humanistik; disruptive behavior
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Malika Justicia Maulida
Date Deposited: 12 Sep 2025 00:47
Last Modified: 12 Sep 2025 00:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117845

Actions (login required)

View Item View Item