Suparman, Endang Casniah (2025) Penerapan model Circuit Learning berbantuan media Canva untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan curiosity matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (653kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi permasalahan kontekstual dalam pembelajran matematika. Namun kenyataan di lapangan menunjukan bahwa kemampuan tersebut masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan curiosity matematis siswa dengan menerapkan model Circuit Learning berbantuan media canva. Penelitian ni dilksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Kadipaten. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasl penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang signifikan pada siswa yang meneapkan model Circuit Learning berbantuan media canva dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional; (2) sikap curiosity matematis siswa juga meningkat setelah menerapkan model Circuit Learning berbantuan media canva; (3) Pengetahuan Awal Matematis (PAM) memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan lomunikasi matematis; (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan PAM terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan temuan ini, model Circuit Learning berbantuan media canva direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningktkan kemampuan komunikasi dan curiosity matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Circuit Learning; Canva; kemampuan komunikasi matematisi; curiosity; Pengetahuan Awal Matematika (PAM) |
Subjects: | Bibliography > Special Topics of Bibliography General Collection Education, Research of Language, Related Topics of Language Applied mathematics > Mathematical Optimization |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | endang casniah suparman |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 08:21 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 00:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |