Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Quick Ratio (QR) terhadap Price to Book Value (PBV) pada 5 perusahaan sub sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) periode 2021-2023

Syahputra, Muhammad Raenandra (2025) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Quick Ratio (QR) terhadap Price to Book Value (PBV) pada 5 perusahaan sub sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) periode 2021-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISME)
3.BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5.BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB III)
7.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB IV)
8.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB V)
9.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan pasar modal Indonesia yang dinamis mendorong investor untuk lebih cermat menilai kinerja perusahaan, terutama di sub sektor makanan dan minuman yang permintaannya stabil, namun dengan persaingan yang cukup tinggi. Sehingga analisis rasio keuangan seperti Gross Profit Margin (GPM), Quick Ratio (QR), dan Price to Book Value (PBV), menjadi penting dalam menilai kesehatan finansial dan valuasi saham perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Indeks (JII) 70 selama periode 2021-2023; 2) Pengaruh Quick Ratio (QR) secara parsial terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan sub sektor yang sama dan periode yang sama; dan 3) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Quick Ratio (QR) secara simultan terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang termasuk dalam JII70 selama tahun 2021 hingga 2023. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dianalisis merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan selama periode 2021 hingga 2023. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, regresi data panel, pengujian asumsi klasik, serta pengujian hipotesis. Proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak EViews 13 guna menunjang akurasi dan efisiensi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara parsial Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value (PBV) hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,443061 > 1,672) serta signifikansi (0,0011 > 0,05). 2) Quick Ratio (QR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value (PBV) secara parsial diperoleh thitung < ttabel (1,542928 < 1,672) dengan signifikansi (0,1288 > 0,05). 3) Gross Profit Margin (GPM) dan Quick Ratio (QR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value (PBV) diperoleh dari Fhitung > Ftabel (136.2259 > 3,159) dan signifikansi (0,000000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: gross profit margin; quick ratio; price to book value;
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Raenandra Syahputra
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:59
Last Modified: 09 Sep 2025 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118102

Actions (login required)

View Item View Item