Pengaruh penerapan Terminal Parkir Elektronik (TPE) terhadap perilaku masyarakat Kota Bandung

Sukanda, Riffa Meidina (2025) Pengaruh penerapan Terminal Parkir Elektronik (TPE) terhadap perilaku masyarakat Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_Bebas plagiasi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran (11).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Terminal Parkir Elektronik (TPE) terhadap perilaku masyarakat Kota Bandung. Latar belakang penelitian berangkat dari fenomena meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan permasalahan keterbatasan lahan parkir yang mendorong Pemerintah Kota Bandung menerapkan TPE sebagai bagian dari program smart city. Namun, implementasi TPE menghadapi kendala seperti kurangnya sosialisasi, rendahnya literasi digital, serta kerusakan mesin parkir yang menghambat efektivitasnya. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini penerapan TPE yang diukur dengan dimensi perceived usefulness dan perceived ease of use (Davis, 1989), sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah perilaku masyarakat yang diukur dengan dimensi sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku (Ajzen, 1991). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel berjumlah 100 responden masyarakat Kota Bandung yang pernah menggunakan TPE, dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner sebanyak 100 responden dan studi dokumentasi. Pengolahan data menggunakan SmartPls versi 4.1.1.4 dan Microsoft Excel sebagai penunjang pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan TPE berpengaruh positif yang signifikan dibuktikan dengan path coefficient (0.937) dan p-Values (0.000<0.05). Temuan ini mengindikasikan bahwa optimalisasi TPE, melalui peningkatan sosialisasi dan perbaikan infrastruktur, dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju penggunaan layanan parkir yang lebih modern, transparan, dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: terminal parkir elektronik; tpe; Dishub; pengaruh program; perilaku masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Control
Social Process > Social Change
Social Groups
Social Groups > Social Classes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Riffa Meidina sukanda
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:53
Last Modified: 10 Sep 2025 05:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118316

Actions (login required)

View Item View Item