Sukanda, Riffa Meidina (2025) Pengaruh penerapan Terminal Parkir Elektronik (TPE) terhadap perilaku masyarakat Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_Bebas plagiasi.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf Download (365kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran (11).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Terminal Parkir Elektronik (TPE) terhadap perilaku masyarakat Kota Bandung. Latar belakang penelitian berangkat dari fenomena meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan permasalahan keterbatasan lahan parkir yang mendorong Pemerintah Kota Bandung menerapkan TPE sebagai bagian dari program smart city. Namun, implementasi TPE menghadapi kendala seperti kurangnya sosialisasi, rendahnya literasi digital, serta kerusakan mesin parkir yang menghambat efektivitasnya. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini penerapan TPE yang diukur dengan dimensi perceived usefulness dan perceived ease of use (Davis, 1989), sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah perilaku masyarakat yang diukur dengan dimensi sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku (Ajzen, 1991). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel berjumlah 100 responden masyarakat Kota Bandung yang pernah menggunakan TPE, dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner sebanyak 100 responden dan studi dokumentasi. Pengolahan data menggunakan SmartPls versi 4.1.1.4 dan Microsoft Excel sebagai penunjang pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan TPE berpengaruh positif yang signifikan dibuktikan dengan path coefficient (0.937) dan p-Values (0.000<0.05). Temuan ini mengindikasikan bahwa optimalisasi TPE, melalui peningkatan sosialisasi dan perbaikan infrastruktur, dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju penggunaan layanan parkir yang lebih modern, transparan, dan efisien.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | terminal parkir elektronik; tpe; Dishub; pengaruh program; perilaku masyarakat |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups Social Process > Social Control Social Process > Social Change Social Groups Social Groups > Social Classes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Riffa Meidina sukanda |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 05:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |