Ismayanti, Wita (2025) Pengaruh model pembelajaran Investigation Based Scientific COLLABORATIf terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan kolaborasi pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada materi biologi menunjukkan perlunya model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Selain pengetahuan akademik, pendidikan di abad ke-21 menuntut siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran investigation based scientific collaborative terhadap peningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan kolaborasi pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian pada hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan pada kelas ekpserimen dengan nilai N-Gain 0,62 sedangkan kelas kontrol nilai N-Gain sebesar 0,43 keduanya termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis (mann whitney) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, maka H_0 ditolak H_1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Pada kemampuan kolaborasi siswa mengalami peningkatan pada kelas eksperimen menunjukkan nilai indikator tertinggi yaitu kontribusi dan bekerja dengan orang lain dengan persentase 100%. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan nilai indikator tertinggi yaitu kontribusi dengan persentase 69%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi dengan menggunakan model pembelajaran IBSC menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IBSC berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan kolaborasi siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Investigation Based Scientific Collaborative; Hasil Belajar Kognitif; Kemampuan Kolaborasi; Ekosistem |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Wita Ismayanti |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 22:52 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 22:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |