Yanti, Riska Fikri (2025) Pengaruh strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital terhadap minat peserta didik: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIASI)
3_skbebasplagiasi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (DATAR ISI)
4_datarisi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (333kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pondok pesantren untuk memanfaatkan media digital, seperti Website, Instagram, Youtube, Tiktok, Facebook, dan Whatsapp dan platform komunikasi online lainnya, sebagai sarana promosi dan penyebaran informasi. Strategi pemasaran digital ini diharapkan mampu menarik perhatian, menumbuhkan minat, membangkitkan keinginan, serta mendorong tindakan pendaftaran calon peserta didik untuk masuk dan menjadi bagian pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. (2) Untuk mengetahui minat peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. (3) Untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital terhadap minat peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuisioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah peserta didik SMA Kelas X di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang yang berjumlah 61 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang memperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 3,83. Nilai tersebut termasuk kedalam kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (2) minat peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,97. Nilai tersebut termasuk kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (3) Hasil dari pengujian statistik (Uji T), bahwa nilai Thitung > dari Ttabel yaitu 3.498 > 1.671 dengan signifikansi sebesar 0,001. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital terhadap minat peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya pengaruh sebesar 1,65%. Sisanya 40,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran Berbasis Digital; Pondok Pesantren dan Minat Peserta Didik |
Subjects: | Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | RISKA RISKA FIKRI YANTI |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 07:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |