Pengaruh strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital terhadap minat peserta didik: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang

Yanti, Riska Fikri (2025) Pengaruh strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital terhadap minat peserta didik: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIASI)
3_skbebasplagiasi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DATAR ISI)
4_datarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pondok pesantren untuk memanfaatkan media digital, seperti Website, Instagram, Youtube, Tiktok, Facebook, dan Whatsapp dan platform komunikasi online lainnya, sebagai sarana promosi dan penyebaran informasi. Strategi pemasaran digital ini diharapkan mampu menarik perhatian, menumbuhkan minat, membangkitkan keinginan, serta mendorong tindakan pendaftaran calon peserta didik untuk masuk dan menjadi bagian pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. (2) Untuk mengetahui minat peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. (3) Untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital terhadap minat peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuisioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah peserta didik SMA Kelas X di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang yang berjumlah 61 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang memperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 3,83. Nilai tersebut termasuk kedalam kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (2) minat peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,97. Nilai tersebut termasuk kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (3) Hasil dari pengujian statistik (Uji T), bahwa nilai Thitung > dari Ttabel yaitu 3.498 > 1.671 dengan signifikansi sebesar 0,001. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pemasaran pondok pesantren berbasis digital terhadap minat peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya pengaruh sebesar 1,65%. Sisanya 40,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Berbasis Digital; Pondok Pesantren dan Minat Peserta Didik
Subjects: Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: RISKA RISKA FIKRI YANTI
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:38
Last Modified: 02 Oct 2025 07:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118424

Actions (login required)

View Item View Item